Hari Bumi

Hari Bumi atau yang lebih dikenal dengan sebutan EARTH DAY, seluruh sejarahnya dimulai dari Amerika Serikat dengan maksud untuk memberi perhatian terhadap hal-hal yang terjadi di bumi yang ditinggali oleh bermacam makhluk hidup. Hal ini diprakarsai oleh John Mconall pada tahun 1969 untuk menyambut March Equinox dimana setiap tahun pada bulan Maret matahari sejajar dengan equator yang menandakan dimulainya musim semi di utara dan musim gugur di belahan bumi bagian selatan.

Senator Gaylord Nelson, pengamat bumi dan lingkungan hidup, pada tahun yang sama -1969- dalam konferensi di Seattle, Washington, mengumumkan bahwa, pada musim semi 1970 akan ada demo yang dilakukan oleh rakyat yang menyerukan pada seluruh dunia agar menjaga bumi dan isinya termasuk makhluk yang menghuninya termasuk menghentikan perang Vietnam.

Pada tanggal 22 April tahun 1970 sebanyak 20 juta rakyat Amerika dipimpin oleh Denis Hayes lulusan Harvard University pilihan Senator Gaylord Nelson turun ke jalan-jalan, taman-taman dan auditorium-auditorium untuk bertindak nyata meneriakkan pada dunia untuk mengamankan bumi dari kerusakan, melindungi air minum, membersihkan udara, melestarikan alam dan laut. Demo ini menarik perhatian 141 negara lainnya yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun, yang dikemudian hari menjadi Hari Bumi sedunia yang kita peringati sekarang. (BN)***

0 Responses to “Hari Bumi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: