KERJASAMA JURUSAN TEKNIK KIMIA DENGAN FAKULTAT ANGEWANDTE CHEMIE GEORG-SIMON-OHM FACHHOCHSCHULE NURNBERG

KUNJUNGAN FACHHOCHSCHULE NÜRNBERG

Pada hari Senin dan Selasa, tanggal 20 dan 11 November 2007 yang lalu Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) kedatangan dua orang Profesor yang berasal dari Georg-Simon-Ohm Fachhochschule Nürnberg, German. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dua orang tamu istimewa ini berasal dari Sekolah Tinggi Kejuruan Georg-Simon-Ohm Nürnberg, Jerman. Satu orang Profesor bernama Prof Dr Hermann Bauer yang berasal dari Departemen Kimia Teknik dan satu orang lagi bernama Prof Dr. -Ing. Konrad Gell dari Departemen Teknik Sipil.

PENERIMAAN DI DIREKTURAT POLBAN

Prof Bauer dan Prof Gell diterima di POLBAN oleh Direktur POLBAN, Pembantu Direktur I, Pembantu Direktur IV, Sekretaris Jurusan I Teknik Kimia, Ketua Jurusan Teknik Sipil, dan satu orang staf pengajar Jurusan Teknik Sipil, Ir. Shirley Liliawati, MT. Perbincangan di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung Direkturat ini cukup menyenangkan dan terasa akrab karena kedua Prof ini memang sudah pernah berkunjung ke POLBAN sebanyak dua kali. Setelah berbincang-bincang selama lebih kurang setengah jam, Prof Bauer diajak berkunjung oleh Bu Hera ke Jurusan Teknik Kimia sedangkan Prof Gell diajak berkunjung oleh Bp Mulyadi dan Bu Shirley ke Jurusan Teknik Sipil.

PENERIMAAN DI JURUSAN TEKNIK KIMIA

Pak Hermann (demikian panggilan akrab Prof Bauer yang kami berikan ke Profesor Kimia Teknik ini) di terima di Jurusan Teknik Kimia oleh beberapa staf antara lain Pak Shoerya, Bambang, Eko, Budi, Haryadi, dan Bu Lina, Nancy, Endang K, Zalni, Ninik, Rosi, dan tentunya Bu Hera juga. Seperti penerimaan di Pusat, penerimaan di Jurusanpun seakan menumpahkan rasa kangen dua sahabat yang sudah lama tak bersua. Perbincangan di Ruang Rapat Lt 2 Gedung Teknik Kimia terasa lebih akrab lagi karena Pak Hermann menceritakan nostalgianya saat berkunjung ke Jurusan Teknik Kimia pada waktu-waktu sebelumnya termasuk pada tahun 1999 saat berkunjung ke Jurusan Teknik Kimia. Belum lagi ditambah suasana hangat saat bertemu dengan Bu Zalni Yetti yang pernah training di industri EWAG (seperti PLN dan PDAM di Indonesia) dan berkunjung ke Fachhochschule Nürnberg.

Tak terasa perbincangan kami sudah memakan waktu lebih dari dua jam sehingga panggilan perut meminta diisi sudah harus dipenuhi. Kami menuju ke Kantin di Lt 1. Gedung Direkturat untuk makan siang. Saat sebelum berpisah dengan Pak Konrad (panggilan akrab Prof Dr …. Konrad Gell) dan Pak Mulyadi serta Bu Shirley memang kami berjanji akan bertemu di Kantin di Lt 1. untuk lunch bersama. Sengaja kami ajak para tamu istimewa ini untuk makan siang di Kantin POLBAN untuk memberikan kesan lebih berarti saat mereka berkunjung ke kampus mitra mereka (POLBAN) di Indonesia. Mereka memilih menu nasi goreng, makanan khas Indonesia yang sudah dikenal sebagian besar masyarakat di Eropa. Mengingat tamu-tamu ini orang bule maka kami memesan nasi goreng yang sedikit pedas. Rupanya karena berbeda perut dan kebiasaan, Pak Hermann dan Pak Konrad cukup kewalahan merasakan nasi goreng yang hot and spicy ini meskipun kami tidak merasakan rasa pedas sekalipun.

Setelah selesai makan siang kami hantarkan dua Profesor ini untuk berbincang-bincang lanjut dengan para Pimpinan POLBAN. PD IV yang bergantian bertugas memandu tamu ini. Sebelum kami serah-terimakan tamu ini ke PD IV, kami (Bu Hera) sudah berjanji untuk meminta kesediaan Prof Gell untuk dapat hadir pada pertemuan besuk pagi di Jurusan Teknik Kimia untuk bersama-sama berbincang-bincang dengan staf Jurusan beserta dengan Prof Bauer.

PERTEMUAN DI HARI BERIKUTNYA

Pertemuan pagi ini dimulai dengan sharing pengalaman Pak Hermann dan Pak Konrad sebagai pengajar dan peneliti di banyak perusahaan dan universitas di Jerman. Staf pengajar Jurusan Teknik Kimia (sebanyak 15 orang) juga menceritakan pengalaman melaksanakan tri dharma mereka. Dari perbincangan ini muncul ide untuk bisa saling bekerja sama di bidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian dalam bidang-bidang sejenis. Karena Pak Konrad masih ditunggu oleh teman-teman di Jurusan Teknik Sipil maka melanjutkan petualangannya di Jurusan Teknik Sipil.

Pak Hermann memberikan sharing pengalamannya di bidang nano technology dalam bentuk presentasi selama lebih kurang 30 menit dan dilanjutkan diskusi yang memakan waktu lebih dari setengah jam. Banyak pertanyaan yang membuat tamu ini senang karena keterkaitan penelitian beliau dengan pra penelitian yang sejenis yang sudah mulai dirintis oleh beberapa teman di Teknik Kimia.

Pertemuan selanjutnya diarahkan pada kerjasama apa yang bisa dilaksanakan oleh dua sahabat institusi pendidikan ini. Pak Hermann banyak bercerita tentang perkembangan yang terjadi di Departemen Kimia Teknik Georg-Simon-Ohm Fachhochschule Nürnberg. Perubahan yang paling mutahir adalah adanya Peraturan Baru Penerimaan Mahasiswa baik di tingkat D IV maupun Master. Tata Tertib dan Prosedur baru ini diberlakukan mulai Semester Musim Panas atau pada bulan September 2007. Dengan adanya peraturan baru ini akan memberikan arahan yang lebih efektif dan fleksibel kepada para calon mahasiswa Fachhochschule (FH) Nürnberg sehingga diharapkan para mahasiswa bisa menyelesaikan studi tepat waktu dan sesuai dengan kompetensi yang diinginkan.

Jurusan Teknik Kimia tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan menayangkan Profil Jurusan, SDM, Fasilitas, dan kerjasama yang sudah dilakukan oleh beberapa staf Teknik Kimia dengan institusi lain dan pihak industri baik dalam maupun luar negeri. Dari perbincangan ini muncul beberapa kemungkinan kerjasama sebagai berikut:

1.Student Exchange Program

Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia POLBAN dapat melakukan kerja praktek selama 3 bulan di Laboratorium Kimia Teknik FH Nürnberg sedangkan mahasiswa Kimia Teknik FH Nürnberg menginginkan kerja praktek selama 6 bulan di industri di Indonesia. Kerja praktek 6 bulan ini disesuaikan dengan status mahasiswa FH Nürnberg yang berjenjang DIV. Namun Prof Bauer berjanji akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Teknik Kimia POLBAN untuk kerja praktek di industri Nürnberg pada waktu selanjutnya setelah perbincangannya dengan pihak industri.

2. Staff Exchange Program

  • Staf Pengajar Jurusan Teknik Kimia POLBAN dapat melakukan penelitian bersama di Laboratorium Kimia, Biokimia dan Kimia Teknik FH Nürnberg.
  • Staf Pengajar Kimia Teknik FH Nürnberg dapat melakukan penelitian di Laboratorium Teknik Kimia POLBAN antara lain Laboratorium Bioproses, Satuan Proses, Kimia Analitik dan Instrumen, Kimia Terapan, dan Satuan Operasi.

3. Futher Study (D-IV)

Alumni DIII Teknik Kimia POLBAN dapat melanjutkan ke jenjang DIV Kimia Teknik FH Nürnberg setelah memenuhi persyaratan termasuk tes penerimaan mahasiswa baru (entrance test). Kepastian program ini akan dibicarakan lebih lanjut.

4. Master Program

  • Alumni DIV Teknik Kimia Produksi Bersih POLBAN dapat melanjutkan ke jenjang Master Kimia Teknik FH Nürnberg setelah memenuhi persyaratan termasuk tes penerimaan mahasiswa baru (entrance test). Persyaratan total SKS yang harus dipenuhi adalah sebesar 210. Namun bagi mereka yang hanya memiliki 180 SKS masih dimungkinkan untuk dapat diterima dengan memenuhi kekurangan SKS didasarkan pada waktu yang ditentukan. Sistem SKS FH Nürnberg didasarkan pada Sistem Kredit Akumulasi Eropa.
  • Staf Pengajar Teknik Kimia POLBAN dapat melanjutkan ke jenjang master tanpa harus memenuhi total 210 SKS karena pengalaman mengajar diperhitungkan sebagai pemenuhan kekurangan persyaratan SKS.

5. Visiting Program

Staf Pengajar Teknik Kimia POLBAN diundang untuk memperoleh pengalaman mengajar, penelitian maupun aktifitas yang lain di Departemen Kimia Teknik FH Nürnberg. Untuk mempermudah mewujudkan kerjasama ini Staf Pengajar Teknik Kimia dianjurkan mengajukan beasiswa DAAD.

1 Response to “KERJASAMA JURUSAN TEKNIK KIMIA DENGAN FAKULTAT ANGEWANDTE CHEMIE GEORG-SIMON-OHM FACHHOCHSCHULE NURNBERG”


  1. 1 bangzenk June 28, 2008 at 3:42 am

    kebetulan tugas akhir aye juga di bidang nanoteknologi🙂
    wah, semoga Teknik Kimia Polban makin jaya!!

    salamhangat
    berbagi cerita..


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: