POLBAN MELANGKAH MAJU KE DUNIA INTERNASIONAL MELALUI SEMINAR & EXHIBITION REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING LINE

Sabtu, 3 Mei 2008, bertempat di Gedung Pendopo Agung Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), telah dilaksanakan Seminar & Exhibition Refrigeration and Air Conditioning Line. Acara yang dikemas sehari penuh ini berisi penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama POLBAN dan American Society of Heating Refrigerating & Air Conditioning Engineers (ASHRAE), peresmian CO2 Training Center, seminar dan pameran serta peresmian Ikatan Alumni Teknik Refrigerasi & Tata Udara (IKARA). Acara ini dihadiri oleh Presiden ASHRAE Kent W. Peterson, P.E., Presiden ASHRAE Indonesia Chapter Dr. JJ. Luthan, Presiden POLBAN Industrial Boards (PIB) Iwan Chandra, Dipl. Ing., Presiden Direktur PT. Aircon Pratama Ir. Rana Yusuf Nasir, Ketua Jurusan Teknik Refrigerasi & Tata Udara POLBAN Triaji Pangripto Pramudantoro, S.T., perwakilan industri makanan & minuman, farmasi & obat-obatan, perikanan & peternakan, retail & building, minyak & gas, para kontraktor refrigeration & AC, para sivitas dan alumni POLBAN.

Seperti yang dilansir dari wawancara dengan Agus Wismakumara, bahwa tujuan dari diselenggarakannya perhelatan seperti ini adalah, untuk mendapatkan pengakuan dari asosiasi profesi internasional, mendapatkan informasi yang terkini dari perkembangan standar internasional mengenai bidang Heating Ventilation Air Conditioning & Refrigeration (HVAC&R) dan selain itu supaya kompetensi mahasiswa lulusan jurusan Refrigerasi & Tata Udara POLBAN diakui dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh asosiasi profesi seperti ASHRAE.

Rana Yusuf Nasir memaparkan bahwa acara seperti ini sangat penting diselenggarakan di Indonesia, karena kita harus terus mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi bidang HVAC&R dimana konsumsi energi di bidang ini mencapai 60%, lebih besar dari konsumsi energi bangunan. Sehingga, jika kita menguasai teknologinya, penghematan energi dapat dilakukan guna memerangi pemanasan global.

Presiden ASHRAE Indonesia Chapter, JJ. Luthan, menandaskan bahwa pada acara ini telah dibentuk student branch ASHRAE yang pertama di Indonesia dan CO2 Training Center yang hanya satu-satunya terdapat di Indonesia dan jarang terdapat di dunia. Dengan harapan POLBAN bisa menjadi sentra kegiatan akademis dan teknis yang mendorong kemajuan dan pengetahuan di bidang keilmuan yang dibawahi oleh ASHRAE.

Kent W. Peterson mengucapkan selamat kepada jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara POLBAN atas dibentuknya student branch, dimana ASHRAE akan menolong dan mengembangkan hubungan yang kuat antara mahasiswa dengan industri demi memajukan bidang HVAC&R di dunia.

Dalam kesempatan yang terpisah Agus Wismakumara juga menjelaskan mengenai CO2 Training Center yang merupakan tempat pelatihan bagi para pelajar, teknisi dan para pengguna CO2 di lingkungan rumah sakit, hotel dan industri lainnya. Selain itu beliau berharap IKARA yang baru dibentuk dapat memberikan kontribusi terorganisir pada masyarakat dan para adik kelasnya di POLBAN, dan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkiprah di dunia industri sehingga nama jurusan Refrigerasi dan Tata Udara lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.***

0 Responses to “POLBAN MELANGKAH MAJU KE DUNIA INTERNASIONAL MELALUI SEMINAR & EXHIBITION REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING LINE”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: